Thursday, March 15, 2012

Ujian Sekolah di SMK Sumpah Pemuda Joglo

Kegiatan Ujian Sekolah Tingkat Sekolah Menegah Kejuruan serentak dilaksanakan mulai hari Senin,tanggal 12 Maret sampai dengan 21 Maret 2012. Pelaksanaan Ujian Sekolah tahun ini dilaksanakan lebih awal. dan disela pelaksanaan Ujian Sekolah dilaksanakan Ujian Produktif yaitu pada hari Senin, Tanggal 19 maret 2012. Pada Ujian Produktif ini kegiatan pengawasannya dilakukan dengan sistem pengawasan silang sama seperti pada Ujian Nasional. Sedangkan Ujian sekolah dilakukan dengan pengawasan secara internal. 



Untuk Mengantisipasi kesalahan dalam pengisian LJK pada pelaksanaan ujian sekolah maupun Ujian Nasional para siswa jau-jauh hari telah dibekali bagaimana cara pengisian menggunakan LJK. Mereka dilatih menggunakan LJK seperti pada pelaksanaan Try Out, atau  pun pada Ulangan Semester. Sehingga anak-anak telah terbiasa dalam menjawab soal ujian dengan menggunakan LJK. Hal yang terpenting dalam pengisian LJK misalnya penulisan nama yang harus menggunakan huruf kapital, penulisan tempat tanggal lahir secara tepat sesuai dengan yang tertera pada kartu peserta, Penulisan kode paket soal, Penggunaan pensil yang telah ditentukan dalam ujian nasional, cara menghitamkan jawaban yang tepat, penggunaan papan jalan atau alas. Memanfaatkan waktu ujian yakni 120 menit secara maksimal. Para siswa juga telah dibekali dengan materi-materi yang mengarah pada kisi-kisi ujian sekolah atau ujian nasional. Para tenaga pendidik atau guru juga tak bosan-bosannya memberikan motivasi dan semangat kepada seluruh siswa agar tidak perlu terlalu cemas dalam menghadapi ujian sekolah ataupun ujian nasional. Hadapi saja ujian sekolah atau pun ujian nasional dengan belajar yang maksimal dan penuh rasa percaya diri serta banyak-banyak berdoa kepada Allah SWT agar senantiasa diberikan kemudahan dalam mengerjakannya. 

Agar pelaksanaan ujian sekolah atau pun ujian nasional berjalan secara lancar dan tertib maka sebelum dilaksanakannya ujian tersebut biasanya kepala sekolah memberikan arahan kepada para dewan guru maupun kepada siswa. Pengarahan kepada siswa biasanya diberikan oleh kepala sekolah pada waktu pelaksanaan upacara bendera. Seperti siswa harus datang lebih awal sebelum pelaksanaan ujian dilakukan, berpakaian secara rapih dan mengenakan almamater, dasi, dan bersepatu yang rapih, mengenakan  seragam sekolah sesuai ketentuan yang telah diatur dalam tatatertib sekolah. 

Dalam ujian nasional diharapkan tidak ada lagi siswa yang datang terlambat. Semua siswa harus memperhatikan kesehatan, dan kesiapan mereka untuk ujian agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diingikan. Menjaga pergaulan dalam kehidupan sehari-hari sebisa mungkin untuk bersikap lebih selektif dalan bergaul. Satu kata siapkan diri secara maksimal dalam menghadapi ujian nasional dan jauhi narkoba. belajar Yes, narkoba NO....!!! (Kheirkishan 2012)

No comments:

Post a Comment